Di sela-sela kegiatan menjadi ibu rumah tangga, kuliah (lagi) dan menulis sesekali waktu saya ikut berproses dalam pembuatan film dokumenter. Di rumah, kami membuat sebuah komunitas sineas bernama Panaongan GambarGerak. Di dalam komunitas yang digawangi oleh Mas Donny Dellyar, kami menemani dan berproses bersama kawan-kawan yang memiliki minat khusus di bidang film.

Pada tanggal 16 Februari 2013, kami kedatangan keluarga besar Pahlawan okal Jember, Letkol Moch. Sroedji. Selain untuk silaturahmi, kedatangan keluarga juga untuk napak tilas jejak sang pahlawan. Ada pembuatan flm dokumenter dalam acara tersebut.

Dalam crew dokumter napak tilas tersebut, hanya saya satu-satunya perempuan. Yang lainnya didominasi oleh kaum adam. Diantaranya adalah Mas Donny Dellyar, suami tercinta (RZ Hakim), Faisal Korep, dan Yusuf (Odhol).

Graphic1Running… Action…!!!!

Disana saya bertugas sebagai Astrada (asisten sutradara). Tugas saya adalah mencatat adegan, membantu sutradara mengkondisikan talent, membantu sutradara mengkondisikan setting tempat, membantu sutradara berkordinasi dengan produser/manajer/korrdinator crew. Alat perang saya disini adalah script (naskah), buku dan clipper. Fungsi clipper adalah sebagai penanda tiap scene, agar proses shoting berjalan lancar. Selain itu juga untuk memudahkan editor menandai scene dalam proses pengeditan. Pokoknya di hari itu saya benar-benar jadi srikandi di dalam crew, hehehe…

Keterangan :

Foto diatas diambil di Desa Karang Kedawung Jember. Tepatnya di tempat gugurnya Letkol Moch Sroedji saat pertempuran. Dijepret tanggal 16 Februari 2013, Jam : 09.14 WIB.

Foto ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Sehari Menjadi Srikandi.

Iklan