Pisang Goreng Nugget

Sudah mulai turun hujan. Dingin dan membuat perut selalu terasa lapar meski sudah diisi sepiring nasi dan lalapan terong. Paling enak memang membuat cemilan yang mengenyangkan. Kalau cuma keripik sih ya lewat. Habis setoples paling juga masih lapar. Haha. Paling cocok cemilan di musim dingin ini ya pisang goreng. Apalagi menikmatinya sambil ditemani secangkir kopi. Sedingin apapun pasti akan terasa hangat. Ditambah dengan obrolan yang menghangatkan. Ah, suasana perdamaian.

Selain pisang goreng, olahan pisang ini memang ada beragam. Tergantung selera juga. Ada yang digoreng biasa menggunakan tepung, ada yang tidak menggunakan tepung tapi setelah matang ditaburi gula pasir, ada yang dikolak, bahkan ada pisang goreng nugget dengan aneka macam toppingnya.

Kalau saya sendiri lebih suka pisang goreng tepung yang rasanya sedikit gurih. Karena saya tidak begitu suka makanan manis. Jadi dalam adonannya saya tambahkan sedikit garam agar rasanya tidak telalu manis, tapi cenderung gurih. Saya suka yang seperti itu. Makannya sambil nyeruput kopi pahit. Sungguh, mertua lewat mungkin gak bakal tau. Hihihi. Kalau suami beda lagi, dia lebih suka pisang tanpa tepung yang setelah matang ditaburi gula pasir. Jadi rasanya maniiis banget, kayak yang bikin sih. Hahahah.

Untuk mengikuti perkembangan kids jaman now, banyak sekali aneka kreasi jajanan yang macem-macem. Mulai dari yang biasa sampai yang sedikit aneh tapi cukup ngetrend. Mulai dari jajanan Korea, Jepang, hingga jajanan daerah yang sekarang sudah mulai ngetrend dan gak hanya ada di daerah asalnya aja. Contohnya seblak. Sekarang bukan hanya ada di Bandung saja, dimana-mana sudah ada banyak olahan seblak.

Sama halnya seperti olahan pisang. Ada banyak sekali. Sekarang ini lagi ngetrend pisang goreng nugget, salah satu cemilan yang kebanyakan bertopping manis, saya sendiri belum pernah mencobanya. Tapi melihatnya sliweran di feed instagram, tentu berpikir bahwa ini jajanan yang lagi hits. Toppingnya macam-macam. Mulai dari coklat, meses, green tea, campuran keju dan aneka topping manis lainnya. Yang memang kelihatannya legiit sekali. Bagi para pencinta kuliner dengan rasa manis, tentu ini jajanan yang dicari.

Dengan banyaknya bermunculan aneka ragam kuliner saat ini, membuat saya berpikir bahwa segala hal kadang tidak harus sesuai dengan pakemnya. Jadi semacam membuat inovasi yang anti mainstream. Lha, dulu kan kita tahunya nugget pasti alam bawah sadar kita langsung ke arah daging ayam, sapi dan olahan lauk lainnya. Nugget dulunya diidentikkan dengan makanan untuk lauk, bukan cemilan berbahan dasar manis seperti pisang. Bukankah ini inovasi yang luar biasa? Karena dalam hal makanan, inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan untuk bertahan di pasar. Apa yang nggak lumrah dan unik pasti akan dicari dan langsung hits. Dalam hitungan mingguan saja sudah banyak terlahir kreativitas dan ide-ide keren soal makanan. Apalagi dengan berkembangnya media sosial yang macem-macem. Hal-hal unik akan langsung mendulang keuntungan.

Buat yang memang berencana membuka usaha di bidang kuliner, memang harus pandai-pandai membaca peluang. Mencari yang unik dan gak harus selalu sama dengan pakem resep yang terdahulu. Inovasi harus selalu dicari agar usaha terus bertahan dan semakin berkembang. Tapi beberapa makanan yang memang legendaris di masanya akan tetap menjadi legenda. Kadang ada juga yang memvariasikannya dengan hal-hal yang sekarang lagi in. Seperti makanan yang ditambahi dengan keju molor-molor itu.

Jadi, kalian lebih suka olahan pisang yang mana? Pisang goreng minimalis, pisang goreng tepung ataukah pisang goreng nugget?

 

Iklan