Salmon Poke Bowl

Pic from : http://www.simplyrecipes.com/recipes/salmon_avocado_poke_bowl/

Siapa suka makan salmon? Saya termasuk golongan yang kalau ada ya saya makan. Kalau tidak ada, ya gak masalah. Maksudnya, nggak memaksa harus makan salmon. Tak ada salmon, tongkol pun jadi. Hehe. Karena ya memang salmon ini adalah jenis ikan yang harganya lumayan mahal. Kalau di Jember, belinya pun harus ke supermarket. Apalagi kandungan yang ada di dalamnya sangat bagus dan gak main-main. Mengandung omega 3 serta termasuk dalam protein kualitas tinggi, asam amino dan berderet vitamin yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tentu saja bila dimasak sesuai ketentuan ya. Karena kan ya kalau gak pas caranya ntar kandungan di dalamnya bisa ilang gitu aja dong. Kan syedih. Hehe. Makanan sehat, haruskah mahal? Salmon oh salmon.

Saya makan olahan salmon sebanyak 3 kali, itu pun ditraktir semua. Dua kali makan sushi yang ada salmon mentahnya. Trus yang sekali, di rumah teman yang kebetulan memasak hidangan salmon. Itu pertama kali saya makan sushi pake daging salmon seger yang bener-bener mentah. Sebelumnya gak pernah nyoba yang mentah. Milihnya yang jalur aman aja. Rasanya gimana? Ya gitu sih, daging ikan mentah gimana? Hahaha. Tapi kalau di sushi bener-bener gak amis. Entah ya mungkin dikasih ramuan apa gitu kok berasa gak amis. Saya nggak ngerti karena memang jarang makan kecuali kalau pas ada kesempatan saja. Ya enak-enak saja sih, lolos dengan mulus lewat lidah dan masuk tenggorokan tanpa protes, haha. Kalau yang di rumah teman, dimasak tanpa minyak gitu. Dikasih rempah-rempah aja. Gak tau apa bumbunya, rasanya minimalis. Tapi justru itu jadi enak sekali.

Nah dari pada beli mending kita coba belajar masak sendiri yuk. Yang jelas jatuhnya lebih murah, meskipun salmon itu harganya mahal. Ya kali daripada beli di resto terus, pasti kan ada lebihnya kalau masak sendiri. Selain itu, topping dan isiannya juga bisa disesuaikan dengan kesukaan kita kan? Ini resep sengaja saya simpen biar kalau pas ada rejeki tinggal mengeksekusi aja. Jadi gak cuma wacana gitu lho. Hahaha. Kalau bikin sushi kan rasanya kok ribet banget. Masih harus ada adegan nggulung-nggulungnya juga. Beberapa bahannya juga susah. Kali ini nyoba yang simple aja. Salmon Poke Bowl. Ini resep modifikasi dari blog http://www.simplyrecipes.com/recipes/salmon_avocado_poke_bowl/. Saya sesuaikan dengan lidah saya ya. Jadi bisa bereksperimen sesukanya. Mau pakai tuna juga bisa.

Salmon Poke Bowl

1 cangkir nasi putih anget yang udah matang (bisa disesuaikan mangkok penyajian)
100 gram salmon kelas sashimi (kalau beli di supermarket tinggal tanya aja. Kadang sudah disediakan per kelasnya)
1/4 cangkir kecap
1 1/2 sendok makan cuka beras
1/2 sendok makan gula
1 sendok teh minyak wijen panggang
1/4 sendok bawang putih bubuk
2 daun bawang, iris tipis

Topping ( optional ya, terserah mau ditopping apa)

Wortel kukus potong korek api atau dadu terserah. Irisan mentimun. Lobak iris. Alpukat besar, potong dadu. Edamame rebus. Furikake ( Bisa pakai abon ikan laut seperti tuna atau lele, karena kalau pakai abon sapi atau ayam ntar hasilnya gak matching sama salmonnya, hihi. Atau bisa pakai serbuk kedelai. Atau bon cabe juga boleh). Paprika merah, kalau suka diiris tipis.

Cara memasak :

Siapkan salmon. Pastikan tidak ada duri yang tertinggal ya. Potong salmon kotak dengan ukuran 1/2 cm. Taruh di mangkok dan sisihkan.

Membuat saus : Masukkan dalam mangkuk kecil bahan-bahan saus. Saus kedelai, cuka beras, minyak wijen, gula dan bawang putih bubuk. Bubuk bawang putih dan gula tidak akan larut sepenuhnya, tapi tidak apa-apa. Campurkan salmon dengan sausnya. Tambahkan irisan daun bawang ke dalam mangkuk. Sisakan 1 sampai 2 sendok makan daun bawang untuk hiasan. Tambahkan campuran kecap ke salmon. Dengan menggunakan sendok besar, campurkan salmon ke campuran kecap. Siapkan nasi dalam mangkok. Taburi sedikit dengan abon. Kemudian beri salmon yang telah dicampur dengan saus di atas nasi, secukupnya saja. Taburi lagi dengan abon dan potongan daun bawang. Topping bisa dimasukkan dan ditata secukupnya didalam mangkok. Bisa juga ditempatkan di wadah terpisah. Terserah. Makannya mau pakai sumpit atau sendok terserah, yang penting baca Bismillah. Hahaha.

Nah, itu tadi resep simplenya. Jangan bingung soal bahannya. Cuka beras dan lain-lainnya kalau tidak ada di pasar dan toko pracangan terdekat, pasti ada di supemarket kok. Kalau mau Furikame nya yang beneran mungkin ada di supermarket. Itu resep di atas kenapa pakai abon atau bubuk kedelai, biar gampang aja. Dan lebih ekonomis gitu. Hahaha. Jadi, nanti pas gajian tiba, mari kita coba bikin Salmon Poke Bowl. Setelah masak, mari kita nikmati dengan khidmat. Sebulan kerja, gak ada salahnya kan kita beri penghargaan dengan memasak makanan sehat yang katanya mahal ini. Jangan lupa totalan ya. Hehe.

 

 

 

 

Iklan