Namanya Pujiono. Tapi kawan kawan biasa memanggilnya Gam. Dia asli Aceh. Tapi sejak 2006 Gam sudah ada di Jawa. Tepatnya di kota Banyuwangi. Satu tahun kemudian Gam mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Tehnik Universitas Negeri Jember. Dan Alhamdulilllah diterima.

Yang menarik dari Gam. Dia sangat mencintai dua benda. Yang pertama adalah gunung, berikutnya adalah bendera. Sejak kecil Gam suka sekali menggambar gunung dan bendera.

Suatu ketika dia bertanya padaku. “Kok aku suka sama bendera dan gunung, kenapa ya Mbak?”

Pertanyaan itu terlintas dan kemudian mengendap lama. Aku sendiri tak pernah tau kenapa Gam menanyakannya kepadaku. Bagiku, pertanyaan itu merupakan simbol yang sengaja Gam kirimkan untukku. Entah untuk apa, aku juga tak pernah tau.

Sa’at ini, pertanyaan itu meruak begitu saja. Ah, betapa ingin aku meraba pertanyaanmu itu Gam. Ijinkan aku mendeskripsikannya sesuai dengan sudut pandangku sendiri. Semoga kau berkenan Gam…

Gam, kenapa kamu begitu menyukai bendera dan gunung? Sebenarnya, hanya dirimu sendirilah yang tau jawabnya. Tapi aku hanya ingin sekedar menebak dan menjelaskannya disini.

Yang aku tau, kau begitu suka mendaki. Banyak kesempatan yang kau lalui dengan menikmati keindahan alam dengan mendaki gunung. jika boleh menebak, kau juga sangat ingin mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung kan? Ah, kau pasti selalu menyimpan itu jauh dilubuk hatimu. Menggenggam merah putih di puncak tertinggi. Membawa bendera itu kemanapun kau pergi. Seakan-akan, Indonesia selalu ada dalam genggamanmu. Bila ini benar, betapa bahagianya hidupmu Gam…

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Blogger Bakti Pertiwi yang diselenggarakan oleh Trio Nia, Lidya, Abdul Cholik.

Didukung oleh :

Kios 108
Halobalita
Topcardiotrainer
Littleostore

Iklan