Satu kata yang mampu membuat semuanya berjalan indah dan damai. Ikhlas. Ya, entah mengapa kata itu memiliki efek yang begitu luar biasa. Bahkan keajaibannya mampu mengalahkan kata maaf. Kata ma’af akan berbalik menjadi sesuatu yang mengerikan jika tak diucapkan dengan ikhlas. Apa yang membuat kata ini begitu penting? Karena dalam segala hal, ikhlaslah yang mendasari semuanya berjalan lancar.

Pernahkah terbayang jika tak ada ikhlas dalam kehidupan kita? Semuanya akan berjalan tanpa arah dan kepastian. Semuanya akan berlalu begitu saja tanpa kita dapat mengambil hikmahnya. Kehidupan tanpa keikhlasan seperti tak bernyawa. Bagaimana kita hidup jika tak pernah ikhlas untuk hidup. Hidup adalah pilihan yang harus didasari dengan keikhlasan dan ketulusan. Karena itu adalah penyeimbang kebahagiaan kita.

Ramadhan telah kita lampaui dengan kesan dan suasana yang berbeda-beda. Siapapun berhak menyimpannya dengan rapi, dan membuka bungkusnya di Ramadhan yang akan datang. Hari yang fitri datang, menguji kesiapan keikhlasan kita masing-masing. Ikhlas untuk meminta, memberi, dan menerima ma’af. Mampukah kita mempertahankannya? Mempertahankan untuk selalu bersikap ikhlas dalam keadaan apapun?

Dalam hidup, kita harus selalu ikhlas, ikhlas, dan ikhlas. Memilih untuk bahagia itu penting, namun akan lebih indah jika semua itu didasaari dengan keikhlasan. Hidup akan terlalu sempit jika hanya berkutat pada benar dan salah, mayoritas dan minoritas. Anggap semua itu sebagai perbeda’an yang indah. Bukan untuk dihujat, tp beda adalah anugerah atas kuasa-Nya yang begitu indah… Happy Ied Mubarak.. Semoga kita selalu ikhlas menerima perbeda’an. Semoga kita selalu diberikan keikhlasan untuk memberi, meminta, dan menerima ma’af. Mohon maaf atas semua ucap, laku, maupun tulisan yang tidak berkenan selama ini…

تَقَبَلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ وَكُلُّ عَامٍِ بِخَيْرٍ مِنَ العَائِدَيْنِوَالفَائِزِيْنَ

Iklan