Sewaktu Pak Dhe Cholik mengadakan kontes ini, awalnya saya ragu untuk ikut serta. Karena, saya memang belum pernah sama sekali punya pengalaman tentang beli paypal, dan segala macam transaksi yang berhubungan dengan paypal. tapi karena ingin sekali berpartisipasi, akhirnya sekuat tenaga berusaha mencari ide untuk menuliskannya. Tiba tiba muncul ide untuk mencari teman yang sudah pernah punya pengalaman, akhirnya nemu juga. Selamat menikmati reportasenya.

***

Seiring dengan berkembangnya internet, memungkinkan semua orang mudah mengaksesnya. Kemudahan ini didukung banyak perusahaan provider yang menyediakannya dengan mudah dan biaya sangat terjangkau. Internet sa’at ini sudah dipahami oleh masyarakat umum bukan hanya untuk saling menyapa di jejaring sosial belaka, tapi lebih pada memanfaatkannya untuk melebarkan sayap. Banyak orang yang sukses meraup rejeki dari sana. Mereka memiliki keyakinan, bahwa dunia interconnection networking merupakan peluang yang paling besar dan luas bagi orang-orang yang ulet menekuninya.

Salah satu orang yang mempercayainya adalah Mas Eric Dwiharta. Dia adalah penyedia jasa desaign website untuk beberapa perusahaan asing di luar negeri. Kiprahnya dimulai pada bulan januari 2011 silam. Merasa tertarik dan nyaman, akhirnya mas Eric menekuninya sampai sekarang. Dari sinilah awalnya Mas Eric mulai berkenalan dengan Paypal, karena proses transaksi pembayaran yang diminta oleh kebanyakan perusahaan di luar negeri melalui bank digital ini. Secara telaten dia mempelajari segala tetek bengeknya, mulai dari beli Paypal, verified akun, payment, hingga transaksi online. Paypal merupakan tabungan online di dunia maya. Yang namanya tabungan, pasti harus diisi saldonya agar bisa digunakan untuk bertransaksi. Ada beberapa website yang menjual jasa mengisi saldo Paypal, biasanya banyak yang menawarkan jasa tersebut, diantaranya di JualBeliPaypalBalance.com Fans Page.

Baginya, Paypal merupakan cara bertransaksi paling mudah dan nyaman untuk mendukung pekerjaannya.

Sosok Mas Eric Dwiharta

Sosok Mas Eric Dwiharta

*Karena sewaktu wawancara tidak sempat berfoto dengan Mas Eric, saya mengambil foto ini di salah satu jejaring sosialnya*

“Pernah suatu hari ada teman yg mempunyai pekerjaan serupa nitip cash out, jadi dia transfer sejumlah balance ke alamat Paypal ku. Pertama sih fine fine saja, trus yg kedua dia kena limit karena pengirimannya tanpa klausal yg jelas. jadi jelas terlihat kalo Paypal secure nya oke banget. jadi pada akhirnya, transferan yg kedua itu di “held” istilah dalam paypal atau ‘hold‘ sampai ada alasan jelas dari pengirim”, ungkap Mas Eric menceritakan salah satu pengalaman uniknya selama menggunakan Paypal.

Biasanya, pada sa’at akan mengirim uang ada kolom alasan yang harus diisi. Hal tersebut akan memudahkan claim atas uang kita dengan bukti yang kuat. Menurut Mas Eric, kemungkinan sistemnya dibuat seperti itu untuk menghindari Money Laundry dan hal hal lain yang tidak diinginkan.

Bagi yang sudah malang melintang di dunia internet, apalagi sudah punya Paypal pasti punya pengalaman belanja online. Baik barang real, maupun non real. Iseng iseng saya menanyakannya pada mas Eric.

Hal pertama yang saya tanyakan adalah tingkat kepercayaan dalam berbelanja online. Bagi Mas Eric, modal utama dalam berbelanja online adalah ketelitian dalam mencermati website yang menawarkan barang atau jasa. Untuk mengetahui jelas atau tidaknya website tersebut biasanya ada tanda secure dan insecurenya. Kita sebagai konsumen harus pintar pintar milih agar tidak tertipu. Dalam transaksi online, Mas Eric lebih sering membeli barang barang non real seperti aplikasi, software, theme, templates, domain, hosting, dan lain lain yang sifatnya digital dan bisa digunakan untuk menunjang kelengkapan pekerjaannya.

Paypal merupakan sarana terpercaya dan nyaman untuk transaksi online bagi Mas Eric. Selain prosesnya mudah dan cepat, selama ini dia mengaku belum menemui kendala yang signifikan dan mengganggu pekerjaannya. Kalau masalah limit dan held, itu kan karena kecerobohan kita karena tidak sesuai dengan prosedur yang ditawarkan oleh Paypal.

“Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Old & New Belanja Online di BlogCamp”

*****

Catatan :

Tulisan ini merupakan hasil wawancara dengan Mas Eric Dwiharta seorang penyedia jasa desaign website.

Lokasi dan waktu wawancara : jember, 22 Desember 2011 Pukul 21.30 WIB