Musik adalah sesuatu yang begitu lekat dalam kehidupan saya secara pribadi. Tak dapat dipungkiri, ada beberapa ikatan emosional yang tercipta ketika saya mendengarkan beberapa lagu tertentu. Ya, musik adalah tentang kenangan, kekuatan, kebenaran dan keindahan. Ada banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan pribadi saya hanya karena mendengarkan sebuah lagu. Boleh percaya atau tidak, lagu memiliki sisi filosofis tersendiri dalam menentukan karakter seseorang. Karena apa yang kita dengar secara terus menerus akan dapat berpengaruh pada pola pikir kita, pada keseharian kita, pada karakter dan jiwa kita dalam memahami hidup. Sedalam itukah? Ya, bagi saya musik memang sedalam itu. Karena setiap hari, entah di jalan atau dimana kita berada selalu saja ada kesempatan untuk mendengarkan musik. Entah sengaja terdengar atau tidak, yang pasti musik sudah seperti udara. Mengalun perlahan, bahkan terkadang tanpa kita sadari kehadirannya.

Meskipun kehadirannya saat ini sudah semakin merasuki kehidupan kita, setidaknya keputusan akhir ada di tangan kita sendiri. Maksudnya, kita punya kendali tersendiri untuk memutuskan musik atau lagu mana yang hendak kita dengarkan. Setiap orang memang memiliki sisi khusus untuk mempertimbangkan apa yang mereka pilih. Ya, kitalah yang berhak memutuskan musik mana yang hendak kita dengarkan. Bukan pasar.

Musik dan lagu, keduanya adalah hal yang tak bisa dipisahkan dalam hidup saya. Karena saya lebih suka mendengarkannya dalam bentuk penuh. Musik dengan lirik-liriknya yang mampu memberikan gambaran lebih luas tentang kehidupan. Baik dari sisi humaniora, lingkungan, dan mampu merepresentasikan secara jujur keadaan di sekitar kita. Ah, rasanya takakan ada habisnya bila kita membicarakan tentang musik. Selalu saja ada kekuatan tersendiri untuk menuliskannya dari sudut manapun itu.

Perkenalan saya terhadap musik dan lagu berawal dari kebiasaan Bob (bapak saya) yang selalu memutarkan lagu-lagu Iwan Fals semasa saya kecil. Sampai usia TK saya bahkan lebih hapal lagu Bang Iwan daripada lagu anak-anak yang sering diajarkan oleh Ibu Guru TK. Setelah menginjak dewasa barulah saya tahu, bahwa Bob sedang mengajarkan saya tentang sebuah kebenaran dan kejujuran lewat musik dan lagu. Meski dengan seiring berjalannya waktu, sedikit sekali musik yang bisa merepresentasikan keadaan di sekitar kita dengan jujur. Ya, musik yang berbicara tentang kebenaran dan mampu membawa pendengarnya ke arah yang lebih baik itu sekarang sudah sangat jarang sekali. Jarang bukan berarti tidak ada lho ya. Masih ada kok yang berisi kebenaran meskipun presentasinya sudah sangat sedikit sekali.

Setelah Bob, lelaki kedua kedua yang dipertemukan oleh-Nya kepada saya adalah suami. Ya, seorang lelaki gondrong manis yang suka nggenjreng gitar dan membuat lagu. Alhamdulillah, kehidupan di sekitar saya selalu dikelilingi oleh orang-orang yang suka musik. Suami saya suka menciptakan lagu tentang keadaan lingkungan yang terjadi di sekitar tempat kami. Jujur, saya seperti menemukan lagi musik-musik yang benar-benar sesuai dengan apa yang saya dengar sewaktu kecil. Musik memang memiliki pengaruh yang begitu kuat dalam kehidupan rumah tangga kami. Sewaktu akad nikah dua tahun yang lalu, suami menciptakan lagu khusus sebagai mas kawin dibarengkan dengan seperangkat alat sholat. Ketika jadi Ibu kelak, saya ingin membesarkan anak-anak kami nanti dengan alunan musik dan lagu-lagu yang jujur. Insya Allah…

Untuk itu, dalam proyek monumental 2014 ini saya ingin membuat buku tentang musik-musik dalam kehidupan kami. Jadi, dalam buku itu nanti saya ingin mengajak Bob dan suami saya untuk berkolaborasi membingkai musik dan lagu dalam kehidupan kami. Musik dan lagu yang menyimpan banyak kenangan sampai saat ini. Musik yang mampu memberikan kekuatan pada kami untuk tetap bertahan. Musik-musik yang menemani kami belajar tentang kebenaran. Musik-musik yang mengajari kami tentang kejujuran. Ya, saya ingin membingkainya dalam sebentuk buku. Semoga Tuhan membuka jalan takdir-Nya, menemukan impian ini pada jalan-Nya. Amin…

Β 

ArtikelΒ  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014

Β 

Iklan