Genset (Generator Set) merupakan satu solusi praktis untuk mengatasi permasalahan listrik. Apalagi untuk daerah-daerah terpencil dan juga daerah-daerah yang sering mengalami pemadaman listrik. Apalagi di Indonesia secara umum sering sekali ada pemadaman listrik. Genset yang dipakai pun tak bisa kita pilih seenaknya saja. Butuh pemilihan kiat-kiat khusus untuk memilih genset yang berkualitas. Karena jika tidak berkualitas produknya pun tidak awet dan tentu saja gampang rusak dan tidak menjamin proses kerja mesinnya.

Ada banyak pilihan genset dengan berbagai pilihan harga dan juga kualitas tentunya. Pasar menyediakan banyak produk sehingga banyak orang yang kebingungan untuk memilihnya. Jangan-jangan kalau pilih yang murah, kualitasnya nggak oke. Tapi kalau pilih yang mahal, takutnya ketipu. Bisa berat di ongkos nih,hehe. Kalau kita bisa jeli dalam memilih tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Karena butuh keahlian khusus untuk melihat jeli, pertimbangan khususnya lebih ditekankan pada fungsi dan kegunaannya.

Yang pertama butuh dipertimbangkan adalah memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jadi, segala feature dan modelnya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita terbujuk dengan iming-iming harga mura dengan aneka feature yang membingungkan. Buat apa kalau tak sesuai dengan kebutuhan kita? Percuma kan?

Yang kedua adalah menyesuaikan dengan budget yang kita punya. tentu ada standard minimal budget yang harus kita sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau sudah seperti itu patokannya akan lebih mudah dan meminimalisir adanya pembengkakan biaya karena kita memilih genset yang nggak jelas,hehe.

Yang ketiga adalah mempelajari dengan detail genset yang kita butuhkan. Apakah butuh generator kedap suara, ataukah yang biasa saja? Tentu saja kita harus mempelajari segala komponennya. Termasuk kelemahan dan juga kelebihannya. Karena termasuk dalam bagian alat berat, kita juga butuh mempelajari mesin dan komponen yang ada di dalamnya. Sesuaikah dengan spesifikasi seperti yang kita butuhkan? Pokoknya kita harus memilih genset yang benar-benar tidak membohongi konsumen. Biar nggak nyesel juga belinya,hehe. Jadi, jangan asal beli dulu deh. Ada baiknya kita pelajari seluk beluknya dengan jeli dan teliti biar gak ketipu🙂