Mempunyai bisnis online tentu saja membutuhkan perlakuan marketing secara khusus. Karena bisnis online ini lebih memanfaatkan dunia maya dibandingkan dunia nyata. Kebanyakan para pelaku bisnis online ini memanfaatkan beberapa media sosial seperti facebook, twitter maupun blog-blog yang dikelola secara khusus. Beberapa kawan saya yang juga seorang ibu rumah tangga juga mempunyai bisnis online berupa olshop untuk mengisi waktu luangnya ketika dirumah. Biasanya sih mereka lebih memanfaatkan facebook, karena mungkin pengoperasiannya mudah dan nggak ribet.

Nah, proses marketingnya pun berbeda-beda. Ada yang mengupload gambar-gambar dagangannya kemudian mempromosikannya dengan sistem tagging ke beberapa teman. Memang cukup efektif sih, tapi kadangkala hal tersebut sangat mengganggu, terutama bagi sebagian orang yang memang tidak suka ditagging dengan foto-foto barang dagangan.

Internet marketing yang lebih mudah lagi adalah dengan memanfaatkan Search Engine Optimization. Nah, untuk yang ini biasanya lebih ditekankan pada pelaku bisnis online yang menggunakan website ataupun blog. Cara kerjanya sebenarnya mudah, hanya memanfaatkan optimalisasi kata kunci untuk menguasai optimalisasi di mesin pencari seperti google misalnya. Karena biasanya, ketika seseorang membutuhkan beberapa informasi, dia akan menggunangan google search untuk mencarinya. Begitu dia mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang ada di website kita, maka google search akan mengantarkannya pada website kita. optimalisasi inilah yang perlu kita kuatkan, agar website kita menduduki minimal halaman pertama di google search engine. Sehingga memudahkan pengunjung untuk datang ke website kita.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memberikan jasa internet marketing seperti itu di Indonesia. Salah satunya adalah pondok media, sebuah perusahaan web desaign di Indonesia serta perusahaan jasa yang bergerak di bidang internet marketing. Hal tersebut tentu saja akan sangat memudahkan bagi kita yang masih awam tentang seluk beluk marketing di dunia maya. Pastinya, akan sangat bermanfaat bagi beberapa pelaku bisnis online yang saat ini semakin menjamur dan membutuhkan jasa internet marketing untuk kemajuan bisnis online-nya.

Iklan