Terus terang begitu mendengar nama Belalang Cerewet saya langsung mengernyitkan kening. Secerewet apakah dia? Setelah melihat dan mengamati, ternyata pemilik blognya adalah seorang bapak dua anak. Entah mengapa, selama ini bila mendengar kata cerewet ataupun bawel selalu identik dengan seorang perempuan. Rasanya aneh bila ada seorang laki-laki yang cerewet. Tapi jangan salah, karena di balik kecerewetannya itu akan sangat bermanfaat bagi kita.

Menurut penuturan pemilik blog http://tenteraverbisa.wordpress.com, awal mula ngeblog sebenarnya berawal dari sebuah blog di platform multiply.com dengan nama Walank. Dalam bahasa Jawa, walank berarti belalang. Kenapa harus bahasa Jawa? Karena Mas Walank (begitu kami biasa memanggilnya) tinggal kota Lamongan. Tepat bersebelahan dengan kota kelahiran saya (Tuban). Tak lama kemudian, beliau pun membuat blog baru dengan platform wordpress yang diberi nama Belalang Cerewet. Belalang dalam tradisi Cina memiliki filosofi yang bagus. Menyiratkan kesegaran, semangat muda dan vitalitas. Hal tersebut dibuktikan dengan tampilan blog yang fresh dan segar. Latar belakang blog berwarna putih dipadukan dengan font postingan yang berwarna agak hitam menjadi selaras dan tidak mencolok mata dibandingkan dengan warna hitam yang terang. Selain itu, Mas Walank juga manampilkan warna lain untuk membunuh kekakuan karakter warna atas hitam dan putih. Font pada judul tulisan dan menu diberi sentuhan warna orange lembut, menambah kesegaran pada blog yang bertagline Harus Ada yang Bawel ini. Ditambah lagi dengan sentuhan warna hijau lembut apabila kursor kita arahkan ke judul tulisan. Seger dan fresh.

walangTampilan Blog yang Sederhana

Dilihat dari segi tampilan dan komposisi warna, terlihat pemilik blog sangat hati-hati dalam bereksperimen memilih warna. Sederhana namun ceria. Namun ada beberapa hal yang sangat mengganggu. Hampir semua postingan yang terdapat dalam blog inti terlihat amburadul karena sang pemilik blog tidak memanfaatkan fitur justify dalam wordpress. Seandainya digunakan juga akan sangat bermanfaat dan tidak rugi. Karena akan membuat tulisan kita terlihat rapi dan enak dibaca. Oh ya, satu lagi. Pemilik blog terkesan misterius karena dalam halaman tentangku juga tak menampilkan identitas serta foto diri yang jelas,hihihi 🙂

Menurut pengamatan saya, Mas Walank adalah seorang kritikus. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa tulisannya tentang kritik yang membahas banyak hal. Dari segi penulisannya, terlihat sangat detail dan akurat. Terlihat bahwa sebelum menulis, beliau sudah memiliki banyak wacana atas apa yang hendak dikritiknya. Detail dan memperhatikan sudut-sudut yang bahkan kita sendiri pun tak pernah memperhatikannya. Bagi sebagian besar orang, kritikus adalah sebuah momok yang menakutkan. Anggapan tersebut salah besar. Karena apabila kita sudah berani berkarya, maka kita juga harus berani secara terbuka menerima kritik. Proses kritik mengjritik adalah proses alamiah dan wajar yang hampir selalu kita alami di kehidupan sehari-hari. Bukankah kita hidup ini ditugaskan untuk menciptakan karya terindah oleh-Nya? Kalau takut dikritik, jangan berkarya. Kalau sudah tak ada keinginan untuk berkarya maka proses manusia itu akan berhenti. Statis dan tanpa warna. Mungkin pengambilan nama cerewet dalam blognya karena beliau suka mengkritik,hehe. Cerewet dan bawel dalam hal kritikan itu adalah hal yang luar biasa dan sangat bermanfaat. Karena dari kebawelannya lah kita mengetahui sisi-sisi mana yang harus kita tingkatkan dan perbaiki. Jadi, memang harus ada yang bawel di dunia ini. Karena itulah yang membuat keseimbangan dan keselarasan.

walang 2Judul Postingan Terpanjang yang Pernah Saya Baca 🙂

Satu lagi ciri khas penulisan Mas Walank ini sangat unik. Dari pengamatan beberapa postingan, terlihat bahwa beliau sangat piawai dalam membuat judul. Ya, judul merupakan kunci utama seorang pembaca untuk masuk ke dalam isinya. Judul yang menarik dan sesuai dengan isi tulisan adalah hal yang tepat. Ada satu postingan yang membuat saya terkejut. Postingan yang diikutsertakan dalam sebuah kuis tersebut terdiri dari kalimat yang sangat panjang sekali. Saya bahkan menobatkannya sebagai judul terpanjang yang saya baca selama ngeblog. Sangat menarik perhatian dan unik. Itulah yang khas dari sang juragan wingko jolla-jolly ini. Selain itu, saya juga suka sekali dengan cara penulisannya yang jujur dan apa adanya. Terkadang mungkin bagi sebagian pihak bisa terasa menyakitkan dan menyudutkan. Namun kejujuran dalam menulis itu bagi saya sangat penting.

riri-4-tahun-blogcamp4-150x93

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

Iklan