Cool and smart Blogger. Sebuah kalimat tersebut berubah menjadi pertanyaan ketika saya membacanya. Ya, sebuah tanya untuk diri sendiri. Seperti apakah kriteria sosok blogger yang cool dan smart itu? Blogger selalu berbanding lurus dengan aktifitas menulis di media blog. Meskipun ada juga yang bergulat dengan postingan video dan foto ataupun ilustrasi lainnya.

Dalam dunia blog, memungkinkan kita semua untuk menulis dan membagikan apapun. Namun, itu semua juga ada batasan batasan khusus sebagai penyekatnya. Gak perlu khawatir tak bisa berekspresi lewat tulisan, karena filternya ada pada diri kita sendiri. Ya, karena hanya kita yang menentukan seperti apakah kualitas hidup kita di masa depan. Seperti apa kita menjalani hidup hari ini, akan menggambarkan kehidupan kita di masa yang akan datang. Seperti halnya menulis. Rangkaian kata bisa menjadi tolak ukur untuk ‘melihat’ seperti apakah diri kita.

Cool and smart, cerdas dan keren. Seperti itulah saya menangkapnya. Dua kata tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi saya. Karena secara tidak langsung menyempitkan pikiran saya. Dua kata tersebut saya makan mentah mentah tanpa dikunyah dan dirasakan. Akhirnya yang saya terima adalah, seorang blogger itu harus menuliskan hal hal yang cerdas dan keren di blognya. Oh, apakah saya sudah mencapainya? Apakah selama ini tulisan tulisan saya sudah masuk dalam ranah itu? Benar benar dua kata yang membuat saya berpikir sangat keras.

Setelah merenungkannya beberapa saat, akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya (lagi). Ya, mencoba memahami dua kata ajaib yang sempat membuat pusing. Cool and Smart. Kali ini saya tidak lagi memakan mentah mentah. Tapi mengunyahnya dengan lembut sambil perlahan merasakan pola dan khasnya dengan lamat lamat. Di dalam proses tersebut saya menemukan pola, irama, kesan dan berbagi. Akhirnya saya bisa menelannya dengan ikhlas. Bukan memasukannya ke dalam perut tapi dalam hati, karena dua kata ini adalah ‘makanan’ untuk hati. Dan yang saya temukan, cool and smart blogger adalah menjadi diri sendiri.

Dengan menjadi diri sendiri, akan memberikan efek dan energi yang luar biasa dalam tulisan kita. Itulah yang akan menjadi awalan untuk membawa kita menulis dengan cerdas dan keren. Rangkaian kata itu akan terlihat semakin hidup dan mengagumkan. Ya, cool and smart blogger itu bagi saya adalah penulis blog yang menjadi dirinya sendiri. jangan takut tidak cerdas dan keren karena menjadi diri sendiri.  Selamat berbagi dan menjadi diri sendiri…

Berbagi tulisan yang mengagumkan dan cerdas itu memang sangat penting. Hal tersebut akan membuat pembaca blog kita puas dengan informasi yang didapat setelah membaca tulisan kita. Cool and smart itu akan membuat tulisan kita menyala, namun akan tampak lebih ‘hidup’ jika kita menjadi diri sendiri.

***

“Artikel ini disertakan pada Cool and Smart Blogger Giveaway yang diadakan oleh KakaAkin”

Iklan