Hidup Untuk Berproses Selamanya Apa yang akan kita pikirkan tentang arti sebuah proses? Tentu saja jawabannya berbeda-beda, karena setiap orang mempunyai sudut pandang sendiri untuk memaknai apa itu sebuah proses. Dari 1000 orang akan mempunyai 1000 jawaban tentang arti dari sebuah proses. 

Sa’at ruh kita ditiup dalam rahim ibu, itu adalah awalan dari sebuah proses panjang bagi kita mengawali perjalanan kehidupan. Proses awal yang dialami oleh setiap manusia. Proses berjalan seiring dengan berjalannya waktu dan tak akan pernah berhenti sampai waktu itu sendiri terhenti. Seperti itulah gambaran sebuah proses.

Dalam perjalanan kita sehari-hari, dalam hitungan detik, jam , bulan maupun tahun selalu dipenuhi oleh proses-proses menakjubkan yang telah diatur oleh-Nya. Sebuah alur proses yang telah dirancang sedemikian rupa untuk kita jalani dan renungi, untuk kita manfaatkan setiap alurnya, dan untuk kita nikmati setiap gairah yang mengalirinya. Dimana kita harus menari, mencari-cari dengung suara semesta yang tak kita mengerti, bermain dengan bianglala menantikan senja temaram turun. Dimana kita harus berteriak, mengeja kata demi kata yang tersembunyi di balik rumput-rumput kering. Menumpuk nyanyian dedaunan kering di tepian bedadung untuk kita bawa sebagai dongeng pengantar tidur, kemudian menorehkan imajinasi kita pada kanvas biru maha luas ciptaan-Nya : langit.

Sebuah alur yang luar biasa dan menakjubkan. Dan kita diciptakan olehNya untuk melengkapi alur-alur tersebut dengan warna-warna yang telah kita bawa. Ya, semua itu adalah proses. Kapan berakhirnya sebuah proses? Jawabannya adalah : sebuah proses tak akan pernah berakhir kecuali jika waktu telah sampai pada ujungnya.

Dalam sebuah proses akan tercipta sebuah karya yang tak akan hilang meskipun kita sudah tiada. Karena karya yang akan kita tinggalkan akan hadir untuk melengkapi proses generasi di bawah kita. Dalam sebuah proses yang kita jalani akan menghasilkan : karya, kenangan dan kesan. Tinggal bagaimana cara kita untuk membuat ketiga unsur tersebut saling berkaitan dan bisa melengkapi proses-proses kita selanjutnya ataupun proses generasi-generasi di bawah kita.

Mari, kita saling berpikir positif untuk mewarnai hidup kita dengan proses-proses yang mengesankan dan bermanfaat bagi orang lain. Tak ada kata tua untuk sebuah proses, karena kita hidup untuk berproses selamanya. Kegagalan, adalah sebuah alur yang akan mengantar kita untuk meraih proses yang lebih indah. Ayo, cari gariah-gairah proses yang terpendam. Bangkitkan kembali, rajutlah benang-benang yang telah kita urai.

Selamat berproses, di bumi kita tercinta. Karena hijaunya bumi perlu kita abadikan dalam media  apapun itu. Karena hijaunya bumi perlu kita kabarkan kepada semuanya. Karena hijaunya bumi perlu proses kita untuk menjadikannya lebih rindang dan damai. Selamat berproses menuju hidup berkesenian menuju kelestarian yang kita impikan bersama.

Iklan